Minggu, 05 Juli 2015

Menikmati Sunset dari Atas Candi Tertinggi Di Jogja



Weekend Kali ini aku berjalan-jalan ke Candi Ijo. Candi ini adalah Candi tertinggi di Yogyakarta. Bukan ukurannya yang super gede, Tapi letaknya yang berada di lereng bukit menjadikan Candi Ijo sebagai Candi tertinggi di Jogja. Candi ijo terletak di Desa Groyokan, Prambanan, Sleman, DIY. Berada di ketinggian  375 dpl di atas laut.

Sejarah mencatat nama Candi Ijo berasal dari letaknya di Lereng Gunung Padas yang benama Gunung Ijo. Nama Desa ijo yang berarti desa hijau, pertama kali disebut dalam prasasti Poh tahun 906 Masehi. Aku pergi ke Candi ijo sekitar pukul 15.00 wib. Perjalanan ke atas Candi dari rumahku ditempuh dalam waktu sekitar 60 menitan. Agak lama karena baru pertama kali jadi musti mencari-cari dulu pakai Google Maps.  Tiba di tempat parkiran, pemandangan luar biasa sudah menyambutku. Dari atas tempat parkiran, aku sudah bisa melihat kota Jogja, Kabupaten Gunung kidul dan daerah disekitar Prambanan dengan jelas.

Hamparan sawah hijau yang bertingkat, perbukitan yang hijau, kebun teh yang sejuk dan beberapa bukit kapur menyambutku dengan sempurna. Menengokkan kepala sedikit ke arah barat, gunung purba NGanggelar sudah terlihat jelas dari kejauhan. Warnanya yang unik, hijau kecoklatan serta bentuknya yang seperti perahu terbalik membuatnya mudah ditebak diantara deretan perbukitan dan pegunungan yang ada. Kebetulan cuaca saat itu cerah sehingga aku bis amelihat dengan jelas pemandangan indah ini. Serasa melihat negri dari atas awan.



Aku segera masuk ke dalam Candi. Ternyata tempat candinya seperti punden berundak. Ada beberapa tempat yang bertingkat. Tapi hanya bagian puncaknya saja yang bentuk candinya sudah utuh. Sisanya hanya berupa reruntuhan saja.  Naik ke atas Candi, pemandangannya lebih indah dari tempat perkiran.
Aku bisa melihat gunung Merapi diantara perbukitan Menoreh yang indah luar biasa. Puncak gunung Merapi terlihat jelas dengan asap putih kecil keluar dari atasnya.  Dari Atas Candi Ijo, pengunjung bisa melihat juga pesawat terbang bolak-balik melintas di atasnya dari jarak dekat. Maklum saja, letak Candi berada ga jauh dari Bandara Adisucipto. Selain itu pengunjung bisa melihat Candi Barong dari atas Candi Ijo. Menjelang senja, pengunjung bisa melihat putihnya pantai Parang Tritis dari Kejauhan. Bener-bener komplit pemandangannya.

Dalam kompleks Candi Ijo, ada empat buah candi. Tiga buah candi kecil berdiri sejajar dengan kokoh mengapit sebuah candi besar di depannya. Candi besar itu berada di tengah-tengah tiga candi Kecil. Seperti kebanyakan candi hindu lainnya, di depan pintu masuk candi terdapat orname Kalla (raksasa) di atas pintu masuk. Sementara di sepanjang dinding luar Candi terdapat relief-relief kecil disisi tengah candi. Pengunjung bisa menaikki candid an melihat isi dalamnya. Namun sayang tidak ada apa-apa di dalam candi. Pemandangannya gelap gulita di dalam candi. Hanya salah satu candi kecil saja yang berisi Lingga dan Yoni alias patung Sapi kecil dan sebuah meja persembahan.

Susnet ini Candi Ijo
Reruntuhan Candi ini ditemukan tidak sengaja  oleh seorang administrator pabrik gula Sorogedung  yang bernama H.E Doorepaal. Waktu dia sedang mencari lahan untuk penanaman tebu. Situs ini ditetapkn sebagai kawasan cagar budaya oleh Kemendikbud tahun 1998. Lalu dilakukan beragam kegiatan pemugaran kembali tahun 2010.

Pemandangan paling keren untuk bernarsis ria atau dipamerin di social Media itu waktu detik-detik menjelang matahari terbenam alias Sunset. Buat yang mau mengejar Sunset, datanglah ke Candi Ijo sekitar jam 16.30 an. Lalu cari posisi yang PW untuk mengabadikan moment indah ini. Perlahan sang Surya turun dari singgahsananya berganti dengan sang rembulan. Moment menjelang Sunset hanya terjadi sekitar 30 menit. 
Kebetulan aku dapet tempat yang PW dan bagus untuk mengabadikan moment ini. Dari tempatku Sang Surya perlahan turun dari langit melewati tengah-tengah candi kecil. Kemudian dia tenggelam dibalik perbukitan Menoreh. Sungguh pemandangan Sunset terindah yang pernah aku lihat.Ga kalah Keren dan indah dengan pemandangan Sunset di Candi Ratu Boko. Aku mengabadikan moment ini dengan bermain-main pada foto siluet.

Letak Candi Ijo ini ada di atas Candi Ratu Boko. Kalau dari pertigaan lampu merah depan Candi Prambanan, belok ke kanan menuju candi Ratu Boko. Dari Candi Ratu Boko tempatnya ga jauh lagi, hanya perlu menanjak sekitar 15 menitan ke atas bukit. Kalau sudah di Candi Ratu Boko, tinggal ikuti Plang Petunjuk arah saja.  Kalau dari Kota Jogja dapat ditempuh sekitar 40 menitan dengan Motor dan sekitar 30 menitan dengan mobil.  

Kalau kalian ingin pergi kesini, silahkan kontak aku ke 08993410156/ pin bb 74bc76bf. Aku akan antar jemput kalian ke candi ijo untuk menikmati sunset indah di atas candi ini. Mulai dengan harga Rp 275 rb/ orang/ hari (minimal empat orang) kalian bisa ke tempat ini dengan menggunakan mobil. Ada banyak juga tempat indah di kota Jogja yang bisa aku antarkan untuk dikunjungi. Tentunya kalian akan merasakan sensasi berbeda liburan di Jogja dengan bantuanku.

Siluet Candi berpadu dengan Indah dalam senja

Tidak ada komentar: