Rabu, 08 Februari 2012

6 TIPS LOLOS BEASISWA KOMPAS GRAMEDIA

Guys, sebentar lagi, pendaftaran beasiswa Kompas Gramedia (KG) akan dibuka. Kalau ada yang belum tau apa itu beasiswa KG, gue kasih sedikit infonya.  Beasiswa KG adalah beasiswa yang diberikan oleh KG grup kepada mahasiswa UMN semester akhir (semester 7 & 8) dalam bentuk reimbursement (non tunai ). 

Jumlah beasiswa yang diberikan maksimal 7,5 juta per semester. Sebagai gantinya, mahasiswa yang menerima beasiswa diwajibkan untuk magang dan ikatan kontrak kerja selama satu tahun di semua unit KG grup.

Proses pendaftaran dan seleksi dimulai saat mahasiswa duduk di semester enam dan pengumuman peserta yang lolos akan diberitahu diawal semester tujuh. Jumlah kuota mahasiswa yang terpilih berbeda tiap tahunnya. Tahun 2010 ada 11 mahasiswa angkatan 2007 dari seluruh fakultas yang terpilih. Tahun 2011 ada 12 mahasiswa angkatan 2008 yang terpilih. Tahun 2012 berapa???? (Semoga aja lebih banyak dari tahun sebelumnya.)

Gimana ya caranya supaya bisa mendapatkan beasiswa ini? berdasarkan pengalaman pribadi dan pengamatan ke temen-temen lain yang udah dapet beasiswa itu, gue sharingkan dan bagi 6 tips mendapatkan beasiswa KG.




1.    PD  Sama Kemampuan & Kualitas Diri Sendiri
Saat proses pendaftaran akan dijelasin persyaratan-persyaratan beasiswa yaitu (seinget gw) :
  • IPK minimal 3.25.
  • Ga boleh ada nilai C di semua mata kuliah.
  • Ada pengalaman organisasi/ kerja partime.
  •  Mahasiswa semester akhir.
  • Mau magang (waktu magangnya berbeda-beda tiap tahun)  dan terikat kontrak kerja di semua unit KG selama 1 tahun (kalau yang ini sama tiap tahun).
  • Mengisi form pendaftaran dan mengirimkan CV + foto diri.

Yaaahh..tapi saya ada yang dapet nilai C / IPK saya kurang dari 3.25, gimana dong??
Don’t panic.. kalau memang ada salah satu/ salah dua persyaratan yang ga sesuai sama kita, cuek aja  dan tetap daftar.  Kalau kita memang berkualitas, perusahaan bisa cincay alias mentoleransi sedikit kesalahan kita. Ya asal ga terlalu parah saja kekurangannya.



2.    Buat CV yang Menarik
Saat mendaftar, kalian diminta mengisi formulir pendaftaran dan memberi foto diri. Nah ini kesempatan kalian untuk “menjual diri” lewat tulisan dan gambar. Buat CV semenarik mungkin dengan cara membuat CV yang informatif dan komunikatif. Buat format tulisan yang unik tapi formal. Masukin semua pengalaman organisasi / kerja dan prestasi lu dari SMA berurut dari yang paling terbaru hingga terlama.
 
Beri foto diri yang memakai  baju yang rapi dan pose yang sedikit formal. Untuk anak PR, usahakan kalian terlihat modis (ceweknya sedikit dandan dan cowoknya sedikit trendy minimal ga keliatan “lecek”.)
Buat yang ikut organisasi kampus macem BEM, KBM, HMJ bisa memasukkan foto formal organisasi kalian seperti foto gue.  (ini bisa menjadi nilai + dimata HRD) Intinya dalam CV, kalian tunjukkan kualitas diri dan kepribadian kalian semaksimal mungkin agar kalian terlihat yang paling oke & berkualitas diantara yang lain.


3.    Saat Wawancara, Ungkapkan Tujuan Karier Kita dan Yakinkan HRD Kalau Kita Bisa Kerja.
Setelah proses pengiriman formulir akan ada proses wawancara.  HRD KG akan mewawancarai kita satu persatu. Ga perlu tegang guys dan santai saja, anggap di HRD itu bapak/ ibu dosen kita.  HRD kompas itu baik-baik, ramah-ramah dan santai. Kita boleh memanggil mereka dengan sebutan mba /mas.

Sebelum wawancara sebaiknya kita mencari tahu seluk beluk perusahaan serta pekerjaan apa sih yang mau kita kerjakan selepas kuliah beserta alasannya. Lalu kita cari tahu job desk pekerjaan itu secara umum. Misalnya gue mau jadi marcom karena gue berpengalaman membuat dan mengorganisir event. Lalu jobdesk marcom adalah membuat event. Jangan asal pilih pekerjaan. Pilih yang sesuai sama minat, bakat dan kemampuan kita. Ketika wawancara, beritahu HRD soal pilihan karier tersebut.

Saat wawancara berpakaianlah yang rapi dan sesuaikan dengan pekerjaan yang mau kita pilih serta tunjukan sikap diri yang mencerminkan pekerjaan yang kita akan pilih. Misalnya buat anak PR pakai baju yang rapi,dan elegan dan sedikit berdandan. Jangan menanyakan soal gaji/ komisi kepada HRD karena akan membuat HRD ilfeel.

Yakinkan HRD kalau kita orang yang bisa kerja di posisi itu, bukan hanya sekedar orang yang punya skill dan pintar di bidang itu. Ini penting banget untuk HRD karena mereka bisa melihat potensi diri kita lalu mencocokkannya dengan posisi kerja yang sedang dibutuhkan di KG grup. Jika klop, siap2 lolos ke tahap berikutnya.


4.    Tenangkan Diri dan Pikiran Saat Tes psikolog.
Jika kita lolos tahap wawancara, kita diwajibkan mengikuti tes psikolog. Tes ini berlangsung selama 5-8 jam dan dibagi menjadi dua sesi. Siapkan pensil 2 B dan tatakan meja. Dalam tes psikolog dibutuhkan konsentrasi yang tinggi. Karena itu tubuh kita musti fit dan perut ga boleh keroncongan. So, sehari sebelum tes psikolog, tenangin diri dan pikiran serta tidur yang cukup (min 8 jam) dan jangan begadang. Jangan lupa sarapan yang banyak untuk pemasok energi tubuh.

Supaya bisa lolos di tahap ini, kita bisa mempelajari type-type soal dari buku. Ada banyak buku tes psikolog yang di jual di gramed/ internet. Jauh-jauh hari coba kita baca itu buku dan coba mengerjakannya.



5.    Wawancara tahap akhir (Yakinkan User kalau kita bisa bekerja, bukan hanya sekedar pintar dan berkualitas)
Buat kalian yang masuk sampai ke tahap ini, gue ucapkan congratzz.. Kalian HEBAT!! Ini adalah tahap terakhir dalam “pertarungan perebutan” beasiswa KG. Kalian akan diwawancarai oleh User (pihak yang akan mempekerjakan kita. Bisa di wawancara oleh HRD unit bisa juga manager unit atau supervisor divisi.) 
Sekali lagi, kita harus benar-benar  “jualan diri” di depan user. Kita harus benar-benar meyakinkan mereka kalau kita mampu dan bisa mengerjakan jobdesk yang ada. Saat waancara gue sarankan kalian membawa hasil karya atau tugas-tugas kuliah buatan kalian untuk mendukung “jualan diri” kalian. Buat anak PR kalian bisa membawa foto-foto kegiatan/ sertifikat-sertifikat  yang kalian ikut/ buat..

Berpakaianlah yang sopan dan datang maksimal 15 menit sebelum waktu yang ditentukan. Jangan lupa jelaskan prestasi apa yang pernah kita raih selama kuliah/ SMA (bisa berupa menang lomba atau pernah dapat beasiswa atau pernah menduduki jabatan dalam organisasi kampus)dan sekali lagi, jangan menanyakan soal gaji/ komisi kita kepada HRD karena akan membuat HRD ilfeel.

Jika sudah menjalankan tips-tips di atas berdoalah dan bersabarlah..  Tunggu pengumuman selanjutnya. Jika  diterima lamarannya, syukur alhamdulilah. Jika ga diterima, jangan bersedih karena kalian sudah lebih maju selangkah dibanding teman-teman yang lain (sudah tau teknik ngelamar kerja & wawancara kerja.)


6.    Selama kuliah, perbanyak pengalaman organisasi atau pengalaman kerja (fulltime/partime) =>> yang ini mutlak.
Tips terakhir ini cocok buat angkatan 2010 dan 2011 yang pengen dapet beasiswa juga. Mumpung masih lama, perbanyak ikutan organisasi  kampus  dan pengalaman kerja yang sesuai sama karier (pekerjaan) yang mau kita ambil selulus kuliah. Pengalaman itu akan menjadi nilai lebih kita di mata HRD karena HRD lebih suka memilih orang yang punya banyak pengalaman organisasi/ kerja.


Jangan pernah berbohong untuk menuliskan pengalaman organisasi atau kerja yang belum penah kita ikuti karena cepat atau lambat, HRD akan tahu dengan sendirinya. Jalin hubungan dekat dan baik dengan pihak management kampus macem kaprodi atau dosen atau purek atau staf-staf kampus karena kita bisa mencantumkan mereka sebagai refrensi saat melamar beasiswa. Semakin tinggi pangkat orang yang merefrensi kita, semakin bertambah nilai diri kita di mata HRD.

Selamat mencoba dan semoga menyusul kami semua di KG grup.
                               Penerima Beasiswa KG angkatan 2008


                                    Penerima Beasiswa KG angkatan 2007






NB : Penulis adalah Penerima beasiswa KG tahun 2011, beasiswa BRI tahun 2010 dan beasiswa kampus tahun 2010.

2 komentar:

Johan Setiawan UMN mengatakan...

Hai Vicka, tulisannya bagus sebagai pencerahan mahasiswa yang lain untuk berprestasi dan mendapatkan beasiswa.

Keep up the good work

Unknown mengatakan...

Terima kasih