Jurus Ampuh Memperbanyak ASI Ala Emak2 Bolang



Alkisah disebuah malam yang sunyi seorang wanita duduk terisak di ruang makan rumahnya. Wajahnya tegang bercampur panik. Tangannya yang sebelah kanan memegang sebuah pompa Asi. Pompa itu tertempel di salah satu payudaranya. Sementara sebelah kirinya sibuk memijat-mijat payudaranya. Air matanya mengalir kencang membasahi pipi tembemnya. Bibirnya komat-kamit membacakan doa.

Suara tangisan wanita itu nyaris tak terdengar. Tertutup dengan lengking tangisan seorang bayi dari kamar sebelah ruang makan. Suara sang bayi memekikkan telinga dan menggetarkan heningnya malam..

“Tuhan tolong perbanyak asiku. Anakku sudah kelaparan dan kehausan,” tukas wanita itu sambil terisak dan memegang payudaranya.  

Tak lama kemudian seorang pria keluar dari kamar sambil mengendong sang bayi. “Sudah ada belum Asinya?” tanya sang pria. 
Hasil mompa 3bulan


“Sudah, Hanya sedikit,” jawab sang wanita sambil menyodorkan pompa asi. Ia menuang cairan berwarna putih itu ke sebuah botol dot.

Sang priapun mengambil botol dan meminumkannya ke anaknya. Sementara sang wanita kembali memompa payudaranya. Hanya dalam hitungan menit, ASI habis. Sang bayi kembali menangis.

Sang pria berusaha menenangkannya. Ia menggoyang-goyangkan sang bayi perlahan. Namun sia-sia. Tangisan batimakin kencang. Badannya pun gemetar. Wajahnya memerah. Diikuti oleh badannya.

“Sudah ada lagi belum asinya?”tanya sang pria.
“Belum ada,” jawab sang wanita panik. Ia mencoba memijat payudaranya keras-keras. Berharap Asi muncrat dengan derasnya. Sayang hanya keluar setes dua tetes.  

Kedua pasangan itupun gelagapan. BIngung bagaimana harus bertindak menghentikan tangisan bayi yang kelaparan.

Suasana bertambah tegang. Terdengar isak tangis dari mulut wanita itu.

“Aku nyerah…Gaada yang keluar. Udah, kasih susu formula aja. Ada di dalam lemari makanan,” tukas wanita itu sambil berderai air mata.

Ia bangkit berdiri. Mengambil sekotak susu formula. Meraciknya dalam botol dot. Dan kemudian memberikannya ke sang bayi.

Bayi itupun tenang usai menyedot habis susu formula sebanyak 60 ml. Ia tertidur pulas dalam pelukan ayahnya. Sang pria kembali masuk dalam kamar.

Tinggallah sang wanita ditemani deru air mata. Ia merasa gagal menjadi seorang ibu.


Cuplikan kejadian diatas adalah kejadian nyata tujuh bulan lalu. Yups, sang wanita berambut pendek itu adalah aku. Dan sang pria adalah suamiku. Dan pastinya sang bayi adalah anakku, Arka.
Hasil seminggu pompa (2 PD)


Moment menegangkan itulah yang menjadi tonggak sejarah aku menjadi ibu-ibu pejuang ASI. Disitulah dimulai cerita perjuanganku mengASIhi.

MengASIhi itu ga semudah nempel koyo ke jidat.

Awal lahiran asiku lumayan banyak, No drama mengASIhi. tapi tiga minggu kemudian asi terjun bebas karena kesalahan management. Disatu sisi Arka sedang masuk masa Growsprut. Keinginan menyusuinya menggila.

Dia minta susu tiap satu jam sekali, kadang setengah jam sekali sudah rewel. Arkapun sering nangis dan tidur sebentar. Perutnya kayak karet, ga kenyang-kenyang. Kegiatan mengASIhipun rasanya kayak sinetron striping, kejar tayang. Hati mamak berasa sedih terpotek-potek ngeliat Arka nangis ngejer. Terpaksa aku kasih sufor untuk membantu mengeyangkan perutnya sementara. 

Nyerah? Gada dikamus aku sebelum mencoba. Inilah 5 jurus ampuh meningkatkan asi ala emak2 berjiwa petualang.


1. Kuasai Ilmu MengASIhi dan Psikologi bayi.

Ilmu akan menuntunmu ke jalan yang benar. Waktu itu Asi terjun bebas karena kegoblokan mamak arka yang masih minim ilmu PerASIan n Parenting. Belajar dari kesalahan, akupun kepoin dan baca semua akun2 dan grup2 ibu menyusui yang membahas dunia per ASIan. Akun yang paling membantu adalah akun IG @asikubanyak @rennatapranata @Olevelove.
Disitu aku nemuin petunjuk dan cara bagimana caranya memperbanyak ASI.

2. Sering Pompa ASI

Hasil sebulan pompa (1 PD)
Makin sering dipompa- otak akan makin sering memproduksi asi. So, pumping langsung masuk dalam “sarapan” sehari-hariku. Awal-awal pas masih cuti mulai dengan pumping sehari dua-empat kali. Masih juga direct Brest Fedding (DBF) ke Arka. Awalnya sekali pompa cuma dapet 20-50 ml dari dua PD.

Tapi inget,biarpun pompa kita tetep wajib direct breast feeding(DBF) alias netein langsung ke bayi..utamakan dbf dulu baru pumping. Selesai dbf tetep dipumping  biarpun udh pada kempes..

Mompa Asi itu jangan tunggu PD keras dan Asi banyak. Apapun kondisi PD kalau udh jam nya pumping ya tempel aja.

Lama keamaan, mompa Asipun jadi kegiatan rutin tiap 2-4 jam sekali. Termasuk malem hari, alaram terus berdering untuk mengigatkanku berjuang memperbanyak "cairan emas" untuk anak tercinta.  Pas sudah masuk kerja pun masih rajin pompa asi dimanapun. Sekali pompa dapet 60-120 per PD.

Soal ilmu pompa perpompaan nanti ada tulisannya sendiri yang lebih lengkap


3. Ubah Mindseat dan Yakin ASI kita Banyak


Pikiran itu menguasai tubuh, Jadi yakinkan dulu dalam hati dan pikiran kalau ASI kita Banyak. Asi kita cukup untuk bayi. Dengan kekuatan bulan…eh kekuatan emak-emak, kita pasti bisa mengASIhi sampai dua tahun. Yakinlah kalau TUHAN sudah menyiapkan makanan buat anak-anak kita saat kita hamil.(baca : ASI)

Sugestiin in sesering mungkin. Dan yakinlah sugesti ini bakal menolong waktu kita kepingin ngibarin bendera putih mengASIhi.

4. Makan sayuran, buah2an dan Asi booster

Demi meningkatkan produksi ASI, aku nglahap semua ASI booster dari mulai berbentuk susu, cemilan,obat, jamu & Sampai Coklat. Mulai dari merek susu Mama Soya, Herbs Of Gold, Black mores, Alamond, Almom, Coklat Eyang Kakung, ,teh asi, dll. Paling ngefek sih Mama Soya dan Herbs Of gold. Dicapur Black mores. (Tiap ibu bisa beda2 hasilnya). Dalam sekali waktu aku bisa makan/minum 2-4 Asi Booster.

Soal Asi booster nanti aq jadikan satu tulisan sendiri

Makan sayuran&lauk-lauk yang bisa memicu produksi ASI. Misalnya sayuran ijo bayem, daun katuk, sawi ijo, daun pepaya, kangkung. Sekali makan bisa satu mangkok sendiri. (udah kayak si Embek) eh tapi emang gue doyan sayur sih dari dulu. Aku rajin maem Daging sapi, kambing n ati buat mengentalkan asi (Fungsinya biar bayi cepet gendut).  

5.  Bikin Hati Happy terus

Hati mamak yang happy itu obat bikin asi melimpah. Soalnya hormon pembuat ASI adalah Prolaktin dan Otoksin. Nah kalau si ibu bahagia, tubuh akan memproduksi hormon otoksin yang banyak. Otomatis Asi lancar jaya kayak aer keran. Kewarasan si mamak juga perlu dijaga.  Karena ga terhitung banyaknya air mata yang menetes untuk bertahan dan kuat menghadapi drama PerASIan.

Caranya? Aku lahap makanan favorit. Tidur lebih dari 5 jam sehari. Liat video2 atau bacaan dan meme2 lucu2 di IG atau youtube. Pokoke lakuin hal-hal yang bikin hati happy walau gabisa keluar rumah.
Arkadut umur 3bulan




Hasilpun ga menghianati usaha. Dua minggu setelah berjuang, Asi perlahan naik. Arka mulai ga rewel lagi. Bobonya mulai lama. Kewarasan mamaknya pun kembali normal. Hati mamak tenang ninggalin dede kerja. Udah bisa kipas2 sambil senyum2 liat stok asi sekulkas khusus.
Si entong embem

 Fix sekarang aku jadi mamak pejuang ASI. Perjalanan MengASIhiku masih panjang.Tapi aku bertekad untuk tetap bisa mengASIhi Arka sampai 2 tahun. 

Buat ibu2 menyusui jangan menyerah buat mengASIhi. Asi itu hak anak. Perjuangkanlah biarpun harus diganjar dgn rasa lelah, waktu tidur yang super irit dan air mata yang netes tak terhitung.

Semangaat Maksu buat mengASIhi….

You R not alone to fight for ASI. 😘😍💪




Komentar

Postingan Populer