Kamis, 26 September 2013

3 Alasan Kenapa Elo Harus ke Perpustakaan



3 Alasan Elo Harus ke Perpustakaan


Kalau pas weekend elo lagi bosen di rumah dan pengen refresing atau lagi pengen nyari wifi gratis, kemana elo akan pergi?

Café? Mall? Sevel? Food court? Rumah temen? Warnet?
Mulai sekarang masukin perpustakaan ke dalem list otak lo saat elo pengen refresing.  What?? Ada apaan disana?Perpustakaan? Ga salah tuh?
Ya, Bener, Perpustakaan.

Kenapa gue berani bilang ini. Pengalaman gue sebagai none buku Jakarta dan pengalaman berkunjung ke puluhan perpustakaan buat gue berani bilang kalo perpustakaan sekarang itu ga membosankan yang elo pikir dan tempat refreshing yang oke. 

Kalo elo mikir perpustakaan itu sepi, gelap, ga menarik dan membosankan, baca dulu tulisan ini sampe selesai. Gue akan menjelaskan 3 alesan kenapa elo harus ke perpustakaan.



Alesan pertama : Perpustakaan itu tempat yang Cozy dan PeWe buat nongkrong

Banyak Perpustakaan sekarang yang PeWe, Cozy, dan asyik. Perpustakaan sekarang ga cuma menyediakan buku buat membaca tapi udah menyediakan wifi gratis dengan koneksi internet yang super cepet, ruangan / taman yang nyaman buat nongkrong dan café buat makan. Ga percaya?

Dateng aja ke perpustakan Freedom Institute di sebrang Tugu Proklamasi. Ruangannya luas, buku-buku disusun rapi. Pencahayaan ruangan bagus , ga gelap dan yang paling gue suka ada banyak sofa empuk nan nyaman di dalamnya. Koneksi inetnya kenceng pula. Di dindingnya ada banyak kalimat-kalimat dari tokoh penting yang inspiratif. Bener-bener bikin betah ngetem berjam-jam disana. Di luar perpus ada taman kecil yang rindang dan café lengkap buat tempat isi perut. Klo mau tau lebih lengkap tentang perpusnya, bisa di baca di http://bpadjakarta.net/freedom-institute-sebarkan-ideologi-freedom-of-individu-di-indonesia/



 Alesan kedua : Banyak Gratisan disana.
(Gratis wifi, gratis nongkrong, gratis baca, gratis minjem, gratis pake komputer, gratis nonton dll)

Klo di toko buku elo mau ga mau musti beli buku buat membaca seluruh isi buku. Baca bukunya juga terbatas karena pegel, gaada tempat duduk. Tapi kalo di perpus, elo bisa berlama-lama membaca. Atau elo cukup baca sedikit , pinjem bukunya dan sisanya baca di rumah secara gratis. Klo elo males bawa laptop buat internetan, ga perlu kuatir. Banyak perpustakaan udh memiliki fasilitan ruangan e-library yang di dalemnya ada laptop/ komputer yang bisa dipake gratis.


Perpus jaman sekarang isinya ga cuma buku-buku tebel yang isinya ngejelimet n bikin dahi berkerut. Udah ada majalah, koran, novel bahkan komik juga di dalamnya. Dan elo bebas baca semua itu berjam-jam tanpa perlu diliatin sama mas-mas/ mba – mba penjaganya. Contohnya di perpus DKI Jakarta yang ada di gedung Nyi Ageng serang lantai 7, Kuningan. Nih link yang ngejelasin isi perpusnya lebih lengkap http://bpadjakarta.net/jalan-jalan-ke-perpustakaan-umum-provinsi-dki-jakarta/


Alesan ke tiga : Bisa Dapet Banyak Ilmu

Gak cuma dapet gratisan wifi, elo bisa dapet banyak ilmu dan informasi baru di perpus. Ya iyalah secara perpus itukan sumber informasi dan buku adalah jendela dunia. Elo yang pengen pergi jalan-jalan ke suatu tempat bisa tau duluan tempatnya dari buku. Elo yang ga pernah pergi kemana-mana bisa tau keadaan negara lain seperti apa, budayanya gimana dan orang-orangnya seganteng apa ya dari buku. Elo yang hobi galau bisa ilang galaunya gara-gara dapet ilmu anti galau di buku. 

Ah tapi gue males baca, sukanya nonton.

Nah buat elo yang males baca tapi pengen dapet tontonan yang bermutu, samperin aja perpustakaan Kemendiknas/  library Senayan yang ada di samping ratu plaza. Di Perpus ini elo bisa nonton program-program berkualitas dari saluran-saluran TV luar negri seperti BBC, Animal Planet, dan National Geograpic. Ya, perpus ini punya ruangan audivisual yang menyediakan Tv kabel, komputer, radio dan ratusan kaset, CD dan VCD pengetahuan.  Asyiknya lagi,petugas udah nyediain sofa empuk nan nyaman buat elo duduk nonton TV. Program-program itu tersedia juga dalam bentuk VCD, CD yang bisa elo pinjem dan bawa pulang. 

Yang mau keluar negri tapi masih belepotan ngomong bahasa Inggris, musti kesini. Ada banyak modul, buku dan kaset cara belajar bahasa Inggris yang bisa elo pelajari. Hampir semuanya adalah hibahan dari British Council library. Nih link ulasan soal library Senayan http://bpadjakarta.net/perpustakaan-diknas-gudang-ilmu-pengetahuan-dan-pendidikan/


Setelah membaca dan melihat foto-fotonya, apakah elo masih menganggap perpustakaan itu tempat yang membosankan? Tempat yang gelap, sepi dan ga asyik? Kalo iya, coba elo kunjungin salah satu perpus yang gue recomendasikan tadi dan silahkan nilai sendiri.  Masih ada banyak perpus oke dan PeWe lainnya di Jakarta. gue coba kasih nama dan alamatnya buat elo kunjungin di weekend.

1. Reading Room
(
Reading Room: Kemang Timur 57a-b, Jakarta
twitter: @ReadingRoomJkt)

2. Rujak CenterGedung Ranuza lantai 2, Jalan Timor No. 10, Menteng, Jakarta Pusat.
Hari buka Senin-Jumat (10.00-16.30) dan Sabtu (10.00-12.30 dengan perjanjian terlebih dahulu). Nomor telepon 021-31906809 
3.  Perpus Daniel S. Levtwitter: @DanlevLibrary
Alamat: Puri Imperium Office Plaza, UG-16 Jl. Kuningan Madya Kav. 5-6 Jakarta 12980.
Waktu buka pada hari kerja Senin-Jumat (09.00-18.00). Nomor telepon yang bisa dihubungi 021-83701809.

4. PNRI (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia)alamat:Jl. Salemba Raya 28A, Jakarta Pusat dan Jalan Merdeka Selatan (Samping Balai kota jakarta)

5. Comic Cafe
Alamat: Jl. Tebet Utara Raya No. 53D Bukit duri Tebet Jakarta Selatan.

6. Perpustakaan Dome MKRI
Jalan Medan Merdeka Barat No. 6, Jakarta Pusat
Waktu buka Senin sampai Kamis dari pukul 08.00 sampai 16.30 WIB dan hari Jumat dari jam 09.30 – 17.00 WIB.

3 komentar:

Al Mazhumy mengatakan...

selain tiga hal di atas, ada satu hal lagi yang nggak boleh di lupain.
perpustakaan bisa di jadiin tempat buat pacaran. hehe,..
contohnya si Rangga sama Cinta,

Al Mazhumy

Akarui Cha mengatakan...

Kalau untuk poin pertama sama kedua, kayake jarang deh ada perpustakaan yang ngasih banyak kenyamanan kayak begitu. Tetapi kalo yang poin ketiga, aku setuju.

Revorma mengatakan...

Setuju banget.
Gua palling suka kongkow ya di perpus. Hawanya adem, feelnya dapet.