Rabu, 29 Agustus 2012

Tips Cara Belajar Efektif Untuk MABA

Guys, dikit lagi waktunya masuk kuliah. Buat maba yang baru masuk kuliah pasti lagi galau mikirin dunia kuliah.
“Gimana sih dunia kuliah itu?”
“Kayak gimana sih pelajaran anak kuliah?”
 “Gimana ya caranya supaya dapet IP tinggi?”
Mungkin itu sepenggal isi pikiran kalian. Don’t worry guys.

 Di bawah ini gue coba membagi lima tips bagaimana cara belajar yang efektif dibangku kuliah.




1.      Fokus dan konsentrasi di dalam kelas.
Saat di dalam kelas, perhatikan dan dengarkan materi yang diberikan oleh dosen. Kurangi berbicara dengan teman atau melakukan hal-hal di luar pelajaran. Catat semua informasi yang diberikan oleh dosen  selengkap-lengkapnya.  Aktif bertanya pada dosen jika belum jelas atau sekedar menggali informasi yang lebih penting.  Fokus dan perhatian di dalam kelas, membuatmu bisa menyerap 70 % materi yang ada.

 

2.     Baca..Baca…Baca…
Sepulang kuliah, baca lagi hal-hal yang sudah kamu catat. Jangan lupa untuk membaca buku yang disarankan oleh dosen atau baca refrensi lain yang ada di internet, koran, dan majalah atau perpustakaan online. Makin banyak membaca, pengetahuanmu pada materi pelajaran akan semakin banyak dan lengkap. 


3.      Kerjakan semua tugas pribadi dan kelompok sebaik-baiknya.
Di akhir pelajaran, dosen biasanya akan memberikan tugas pribadi atau kelompok yang punya deadline. Nah inilah kesempatanmu untuk mempraktekkan ilmu yang di dapat. Kerjakan semua tugas dengan maksimal. Jangan menunda-nunda tugas  karena makin kamu menunda, tugas akan makin menumpuk dan waktu semakin mepet. Sehingga kamu bisa kelabakan dan akhirnya cenderung mengerjakannya secara asal-asalan. Rajin-rajin berdiskusi dan sharing dengan teman-teman. Lebih bagus lagi jika kamu rajin bertanya dan berdiskusi ke kakak kelas, kamu bisa dapet ilmu plus pengalamannya. Kebanyakan dosen akan memberikan soal ujian yang tidak jauh dari tugas sehari-hari. 


4.      Rajin ikut organisasi atau kegiatan di luar kelas.
Ikut organisasi atau kepanitiaan diluar kelas akan membentuk kepribadianmu menjadi lebih tangguh. Pengalaman berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain akan semakin mengasah soft skillmu. Dengan mengikuti organisasi, kamu bisa sekalian mempraktekkan ilmu dan skill yang kamu miliki. Hal inilah akan mempermudahmu untuk beradaptasi dengan orang-orang dunia kerja  dikemudian hari. Selain itu dengan mengikuti organisasi kamu akan belajar memanage waktu dan menghargai waktu dengan baik. Perusahaan pun saat ini cenderung memilih mahasiswa yang pintar dan aktif berorganisasi juga. So, jangan Cuma mengasah hard skill mu, tapi asahlah juga soft skillmu.


5.      Tekuni  hobi dan buatlah prestasi.
Belajar terus menerus akan membuatmu stress. Sesekali refreshinglah dengan menjalankan hobimu. Mulailah menekuni dan tingkatkan hobi yang kamu miliki. Ikuti lomba-lomba yang berhubungan dengan hobimu. Selain skillmu meningkat, kamu juga bisa mendapat banyak teman dan pengalaman dari perlombaan. Dan ke depannya, hobi yang ditekuni dapat menghasilkan sesuatu dan dapat menjadi nilai lebih dirimu. Bahkan tidak menutup kemungkinan dapat dijadikan penghasilan hidup dikemudian hari.



Kelima tips di atas gue buat berdasarkan pengalaman gue dan teman-teman selama  duduk dibangku kuliah. Jika kamu tekun dan telaten melakukannya, IP tinggi akan berada di genggaman tangan dan kamu akan menjadi mahasiswa yang cerdas + gaul.

Ya kesuksesan seseorang dimasa depan memang tidak bisa diukur dari IPK nya saja. Namun dengan memiliki IP tinggi, kamu bisa dapat kesempatan yang belum tentu semua orang bisa mendapatkannya seperti beasiswa, jabatan di organisasi, pelatihan-pelatihan gratis dan dikirim menjadi wakil kampus di acara-acara bergengsi.


Semoga berhasil 

1 komentar:

D mengatakan...

Nice blog! i love the post
keep it up :D

visit and follow my blog
http://batavianist.blogspot.com/