Senin, 22 Juni 2009

Gebrakan Baru dalam Jurnalisme


       Pagi-pagi buta, ruang auditorium FE UI Depok sudah dipenuhi oleh segerombolan mahasiswa-mahasiswi dari berbagai universitas. Ada apa gerangan? Ya, mereka datang ke FE UI untuk mengikuti Jurnalis Day yang diadakan oleh BEM FE UI. Jurnalis Day ini berlangsung selama kurang lebih dua bulan dan dilaksanakan sejak 16 Maret 2009 sampai 8 Mei 2009.

     Puncak acara Jurnalis Day berlangsung sejak tanggal 4 mei sampai 8 Mei dan dibuka dengan Citizen Journalism Seminar yang diadakan pada hari Senin, 4 Mei 2009. Seminar kali berbeda dengan seminar-seminar jurnalistik lainnya. Mengapa berbeda? Hal ini disebabkan panitia memperkenalkan sebuah gebrakan baru dalam jurnalistik di Era Broadband ini. Gebrakan itu adalah Citizen Journalism atau jurnalisme warga. 

     
      Citizen Journalism adalah suatu keadaan dimana masyarakat aktif mencari, mengumpulkan, melaporkan serta menyampaikan informasi dan berita. Informasi dan berita tersebut akan mereka tulis kedalam sebuah forum atau wadah untuk menulis seperti blogg, dan jejaring social. Jurnalisme ini akan menjadi tren baru dan berkembang amat pesat dimasa mendatang karena akan terjadi kerjasama antara warga atau masyarakat dengan media massa.

       Untuk melengkapi gebrakan baru ini, panitia mengundang para ahli dan orang-orang yang terpecaya di bidang jurnalistik seperti Donny B U (vice president of Detik.com), Kean Dean Lawadinata(CEO Kaskus), Enda Nasution (Blogger), Rahman Andi Mangussara (Liputan6.com), Wimar Witoelar (pakar media) dan Lukas Luwarso (Seketaris eksklusif dewan pers)


   Dalam seminar yang terbagi atas tiga sesi tersebut, para pembicara menjelaskan asal mula Citizen Journalism, apa perbedaannya dengan Jurnalistik resmi dan apa pengaruh Citizen Journalism di masa depan pada media massa yang ada sekarang.

     Jurnalis Day tidak hanya mengadakan seminar saja, namun akan diadakan juga News Training, Company Visit to SCTV dan Indopos, competisi blogg, news competition dan news presentation pada tanggal 5 sampai 8 Mei 2009
 
    Bagi teman-teman semua yang suka menulis atau berbau2 jurnalisme, di sarankan datang ke acara ini..
selain menambah ilmu, kita dapat memperluas koneksi dan menambah teman



Tidak ada komentar: